Inilah 5 Taman Favorit di Surabaya

Berdasarkan data yang kami miliki terdapat 35 buah taman aktif di kota surabaya. Dari sekian puluh taman tersebut, kita mengambil hanya 5 taman yang menjadi favorit bagi warga surabaya. 

5 taman tersebut menjadi pilihan bagi warga surabaya, maupun non warga surabaya untuk berwisata atau menghabiskan waktu luangnya.

Penilaian taman favorit dilihat dari jumlah pengunjung taman kota, baik di hari libur maupun hari biasa. 

Ke 5 taman ini memiliki banyak pengunjung daripada taman-taman lainnya. Bahkan ketika taman kota lainya sepi pengunjung, ke 5 taman ini tetap ramai.

Inilah 5 taman favorit di surabaya :

1. Taman Bungkul Di Jalan Darmo

Taman Bungkul

Taman Bungkul

Apabila anda ingin berkunjung ke taman kota, taman yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Taman Bungkul sudah mendapat pengakuan dunia internasional sebagai taman terbaik seasia.Taman bungkul memiliki luas sekitar 900 meter persegi.

Dengan lahan taman yang tergolong lapang dan dilengkapi dengan fasilitas yang bisa dibilang lengkap.

Mari kita lihat fasilitas taman ini; area green park, amfiteater (panggung Terbuka) dengan diameter 33 m, Jogging track, area play ground bagi anak-anak, jalur skate board dan jalur Sepeda BMX, free wifi, keran air siap minum, kolam air mancur, sentral kuliner dan jalur bagi penyandang cacat.

Dengan fasilitas taman yang lengkap, maka tidak mengherankan apabila taman kota ini menjadi favorit warga surabaya.

2. Taman Flora Bratang  Di Jalan Raya Manyar

Papan Petunjuk

Papan Petunjuk

Taman favorit selanjutnya adalah Taman Flora Bratang. Daya tarik taman ini pada kerapatan vegetasi (tanaman) sehingga layaknya kebun raya mini dan Banyaknya binatang yang berada di taman ini mirip kebun binatang mini.

Belum lagi fasilitas taman flora yang keren habis seperti, kebun toga, area outbound, beragam dan banyaknya wahana permainan bagi anak-anak, area free wifi, gedung teknologi internet, perpustakaan, area parkir, toilet dan mushola.

Dengan seabrek fasilitas tersebut wajar apabila taman ini menjadi pilihan bagi warga surabaya berwisata, selain taman bungkul.

3. Taman Flora Wonorejo di Jalan Kendangsari-Wonorejo, Kecamatan Rungkut

Taman Wonorejo

Taman Wonorejo

Inilah taman terluas di surabaya, Taman Flora Wonorejo memiliki luas sekitar 5,9 hektare. Nama taman ini mirip dengan taman flora bratang, sama-sama menyandang nama taman flora.

Tempat ini bukan hanya sekedar taman kota, namun juga tempat pembibitan dan perawatan berbagai tanaman. Taman flora ini memasok tanaman ke berbagai taman di surabaya.

Keistimewaan taman ini sehingga menjadi taman favorit bagi warga surabaya yaitu, tempatnya yang luas, fasilitasnya sama dengan fasilitas yang ada di taman flora bratang.

Yang membedakan dengan taman flora bratang adalah tetap dipertahankanya fungsi taman flora sebagai tempat pembibitan dan hanya di taman flora ini kita menemukan telaga, telaga yang indah.

4. Taman Mundu Di Jalan Raya Tambaksari.

Gapura Air di Taman Mundu

Salah satu aktraksi kolam air mancur di taman Mundu

Malam hari, adalah waktu yang tepat mengunjungi taman mundu, karena di malam hari taman ini lebih germelap. Taman mundu bermandikan cahaya warna-warni.

Suasana taman ini tidak jauh beda suasana di taman bungkul. Taman ini selalu penuh dengan pengunjung, berserta pedagang kaki lima yang membaur menjadi satu. 

Yang membedakan pedagang di taman bungkul dengan taman mundu adalah, taman mundu belum miliki setral pedagang makanan. Oleh karena itu joging track taman mundu penuh dengan lapak-lapak pedagang.

Selain ramai oleh para pedagang, taman mundu juga diramaikan oleh orang yang menyewakan berbagai wahana permainan. 

Hal tersebut menjadikan Taman ini surga bagi pengunjung anak-anak. Selain tersedia fasilitas bermain yang gratis, tersedia pula mainan yang berbayar. Wahana berbayar seperti mobil-mobilan, aneka jenis sepeda dan odong-odong.

5. Taman Pelangi Di Jalan Ahmad Yani

Taman Pelangi Taman Pelangi

Berbeda dengan 4 taman yang kita bahas sebelumnya, kalau 4 taman sebelumnya tergolong taman aktif, sedangkan taman pelangi ini tergolong taman semi aktif.  

Pengertian taman semi aktif disini adalah minimnya fasilitas bagi pengunjung. Aktivitas pengunjung di taman ini terbatas. 

Pada umumnya taman aktif memiliki area play ground, area bermain bagi anak-anak , di taman aktif ini anda tidak akan menemukannya.

Dengan kondisi fasilitas yang terbatas tidak lantas menjadikan taman ini sepi pengunjung. Pengunjung taman ini didomonasi oleh pengujung anak muda.

Daya tarik taman pelangi ini ada pada monumennya. Bentuk monumen ini berupa rangkaian balok yang membentuk gelombang. 

Setiap balok diberi lighting dengan warna yang berbeda, sehingga menimbulkan kesan layaknya pelangi.

Sama halnya dengan taman mundu, waktu yang tepat berkunjung ke taman ini pada malam hari taman pelangi, terutama monumennya terlihat lebih gemerlap.

  1. Sunting
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: