Taman Petekan

Taman Petekan

Taman Petekan

Jalan Jakarta, Pabean Cantikan-Surabaya

Taman Di area Petekan

Taman Di area Petekan

Terdapat 2 buah taman kota yang menyandang nama “taman petekan“, lokasi kedua taman ini pun berdekatan.  Salah satu taman berarea di petekan dan taman yang satunya berlokasi di seberang petekan. yang membedakanya luas lahan dan jenis taman.

Petekan sendiri merupakan nama jembatan, kerap disebut dengan jembatan Petekan. Jembatan tua peninggalan jaman belanda, yang masuk bangunan cagar budaya surabaya. Nama petekan berasal dari bahasa jawa yang artinya “tekan”. Dulu semasa jembatan masih berfungsi, untuk menaikan dan menurunkan jembatan operatornya tinggal menekan tombol.

Untuk informasi seputar jembatan petekan, anda bisa aksen dan baca tautan berikut ini; Jembatan Petekan, anda tinggal meng-kliknya.

Taman Petekan

Taman Petekan

Sedangkan yang kami maksud dengan jembatan petekan di sini dan menjadi fokus pembahasan adalah jembatan petekan yang berada di seberang jembatan petekan. Kita tidak mengulas taman petekan yang satunya, yang berada dilokasi jembatan petekan, karena taman tersebut tergolong taman view. Taman kota yang memiliki fungsi utama mempercantik lokasi jembatan petekan.

Berbeda dengan Taman petekan di seberang jembatan petekan, taman kota ini tergolong taman semi aktif. Dalam artian tidak banyak tersedia fasilitas bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, bila anda berkunjung ke taman ini akan tidak akan menemukan wahana jungkitan, luncuran atau ayunan di area play ground.

area play ground taman petekan

area play ground taman petekan

Fasilitas taman ini berupa area play ground berupa kolam pasir, joging track, toilet dan shelter. Namun ada sesuatu yang menarik dari taman petekan ini, Taman Petekan berdiri di bantaran sungai kalimas, oleh karena itu disini tersedia fasilitas yang tidak akan anda temui di taman kota lainya. Fasilitas tersebut berupa shelter untuk menikmati pemandangan sungai kalimas dan pemandangan kontruksi jembatan petekan. Sungai kalimas dulunya merupakan sarana transportasi utama kota surabaya.

Lahan Taman petekan sendiri dulunya merupakan pasar tradisional, dengan produk utama berupa buah-buahan. yang mana sekarang ini pasar buah kalimas pindah ke daerah wonokusumo.

Taman petekan ini dibangun oleh Pt Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III tanjung perak. Sebagian besar taman aktif yang berada di wilayah surabaya utara dibangun oleh Pelindo III, diantaranya taman barunawati, taman tanjungsadari dan taman petekan. Pembangunan taman kota ini mempercantik kawasan Pelindo dan pemandangan sepanjang bantaran kalimas.

Lokasi Taman Petekan Dalam Peta

Berikut ini peta taman petekan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: