Taman Kota Menjaga Kesehatan Kita

Taman kota memiliki fungsi menjaga kesehatan, Taman kota surabaya yang penuh dengan pohon dan tanaman perdu merupakan paru-paru bagi kota, berfungsi sebagai produsen oksigen dan memperbaiki kualitas oksigen bagi kehidupan manusia, khususnya warga kota surabaya..

Terkaitan dengan penyediaan oksigen, setiap satu hektar ruang terbuka hijau diperkirakan mampu menghasilkan 0,6 ton oksigen guna dikonsumsi 1.500 penduduk perhari, membuat kita dapat bernafas dengan lega dan merasa segar.

Sebagai fungsi memperbaiki kualitas oksigen,Pepohonan yang rimbun, dan rindang di taman kota mampu terus-menerus menyerap dan mengolah gas karbondioksida (CO2), sulfur oksida (SO2), ozon (O3), nitrogendioksida (NO2), karbon monoksida (CO), dan timbal (Pb) yang merupakan 80 persen pencemar udara kota, menjadi oksigen segar yang siap dihirup warga kota setiap saat.

Tanaman mampu menyerap CO2 hasil pernapasan, yang nantinya dari hasil metabolisme oleh tanaman akan mengelurakan O2 yang kita gunakan untuk bernafas.

Setiap jamnya, satu hektar daun-daun hijau dapat menyerap delapan kilogram CO2 yang setara dengan CO2 yang diembuskan oleh napas manusia sekitar 200 orang dalam waktu yang sama. Dengan tereduksinya polutan di udara maka masyarakat kota akan terhindar dari resiko yang berupa kemandulan, infeksi saluran pernapasan atas, stres, mual, muntah, pusing, kematian janin, keterbelakangan mental anak- anak, dan kanker kulit. Kota sehat, warga pun sehat.

Kita mesti menyadari pentingnya taman dan hutan kota sebagai paru-paru kota yang berfungsi membantu menyaring dan menyerap polutan di udara, sehingga kita dapat menjaga dan merawat sebuah taman kota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: