Taman Apsari

Taman Apsari, Taman Simpang atau Kroese Park

Jl. Gubenur Suryo, Surabaya

“Pada awalnya kita tidak memasukan taman apsari ke dalam golongan taman aktif, karena minim fasilitas untuk publik. Fasilitas yang ada hanya jogging track, lampu taman dan monumen gubernur Suryo. Di lihat dari fasilitas tadi taman apsari masuk taman golongan view. Namun minimnya fasilitas publik tersebut tidak menghalangi pengunjung  taman melakukan beragam aktivitas. Setiap malam minggu taman Apsari sering dijadikan tempat berkumpul komunitas otomotif dan beberapa kegiatan anak muda lainya. Akhirnya kita memasukan taman apsari sebagai taman aktif.”

Monumen Gubernur Suryo

Monumen Gubernur Suryo berada di taman apsari

Taman Apsari merupakan salah satu dari 3 taman peninggalan belanda. Taman peninggalan belanda lainya yaitu taman surya dan taman jayengrono.

Di jaman belanda taman apsari bernama Taman Simpang atau Kroesen Park.  Nama Taman Simpang karena lokasi lahan taman berada bernama simpang. Sekarang lahan taman berubah nama menjadi Jl, Pemuda. Sedangkan nama Kroesen Park diambil dari nama Residen J.C. Th. Kroesen yang berkuasa di tahun 1888-1896.

Pada tahun 1795 taman apsari di bangun bersamaan dengan dibangunya  gedung grahadi. Kala itu penguasa tunggal (Gezaghebber) Belanda Dirk Van Hogendorp (1794-1798) beranggapan bahwa tempat kediaman resminya di dekat Jembatan Merah kurang sesuai dengan kedudukannya. Ia memilih sebidang lahan di tepi Kalimas untuk membangun sebuah rumah taman yang lebih representatif.

Pada awalnya Letak taman apsari pada jaman itu berada di belakang gedung grahadi, gedung grahadi sendiri menghadap ke arah kalimas (utara). Namun pada tahun 1802 gedung grahadi berubah menghadap ke selatan seperti sekarang ini. Akibatnya taman apsari yang dulu lokasinya berada di belakang gedung grahadi berubah menjadi di depan.

Area taman surabaya ini memiliki luas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga. Di sela bunga dan tanaman itu disediakan jogging track  dan monumen gubenur suryo. Monumen ini untuk mengenang perjuangan Gubernur pertama jawa timur (1946-1948) di zaman kemerdekaan.

Di belakang taman ini terdapat patung Joko dolog yang berasal dari kerajaan Singgosari, Masa Pemerintahan raja kertanegara, yang sekarang juga masih berdiri kokoh.

Mengingat sejarah panjang taman apsari, keberadaan monumen gubernur Surya dan Patung Joko Dolog apa tidak cukup menjadi daya tarik anda untuk berkunjung ke sini?

Tonton Video; Monumen Gubernur Surya

Sumber Refrensi ; Surabaya Pagi dan DKP Surabaya

Obyek Wisata Sekitar Taman Apsari-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: