Taman Karimun Jawa

TamanKarimunJawa: Jembatan jogging Track

Keunikan jogging track taman karimun Jawa;Jembatan jogging Track

Taman-taman surabaya yang berdiri di bantaran sungai kalimas terkenal dengan keindahan dan kebersihan. Tengok taman Keputran, Prestasi dan ekspresi.

Banyak sobat sobat kita menghabiskan waktu luangnya di taman-taman tsb.

Namun siapa mengira ternyata ada juga taman kota aktif (memiliki beragam fasilitas bagi pengunjung untuk beraktivitas) berlokasi  di bantaran kalimas yg kurang terawat.

Yang memiliki nasib berbeda dengan saudara-saudaranya tadi ialah taman kota karimun jawa. Saya sebut taman karimun jawa karena berada di Jl karimun jawa.

Lokasi Taman karimun jawa Tidak jauh dari taman keputran dan arena panjat dinding.  Dari taman keputran lokasi taman karimun jawa ini diseberang sungai, Bila Taman Keputran berada di sisi barat sungai kalimas, sedang taman karimun jawa di sisi timurnya.

Dengan arena panjat dinding di jl. Irian Barat lokasi taman karimun jawa Lebih dekat lagi. Jaraknya selemparan batu.  Antara arena panjat dinding dengan taman karimun Dipisahkan oleh jalan kembar karimun jawa.

Luas lahan taman karimun jawa bisa di bilang sempit.  Tersempit kalau dibanding taman surabaya aktif yg berdiri dibantaran sungai kalimas.

Taman kota yang satu ini dibangun sebelum taman ekspresi dan taman keputran. Fasilitas ke tiga taman surabaya ini  tidak jauh berbeda.

Masing-masing taman tersebut memiliki keunikan masing-masing. Keunikan taman surabaya, taman karimunjawa  ini pada jalur jogging track. Lintasan jogging tracknya melewati jembatan dan bawah jembatan. Melihat bentuk lintasan semacam ini, sepertinya jalur jogging track ini diperuntuk untuk anak-anak. Lihat saja panjang jembatan, lebar dan ketinggian kolong bawah jembatan lebih kurang 1/2 meter.

Area play ground tidak tersedia secara khusus di taman kota ini. Namun wahana mainan tersebar di sudut-sudut taman.

Saya ber asumsi, kita lebih pas sebut lokasi ini area play ground daripada taman kota. atau taman kota berbentuk play ground. Terdapat sejumlah 6 wahana permainan. Dengan perincian 1 buah bandulan, 1 buah prosotan, 1 mainan bergelatungan, 1 mainan seperti meja dengan alas diatas meja berupa jeruji dengan posisi horisontal dan 2 permainan ayunan.

Wahana Ayunan tersebut terdari ayunan dengan 1 tempat duduk & ayunan dengan 2 tempat duduk.

Kondisi wahana permainan sama dengan kondisi taman sama-sama kurang terawat.  Bahkan terdapat wahana ayunan dengan 2 tmpt duduk, satu tempat duduknya sudah rusak.

Sekeliling taman kota surabaya ini berpagar setinggi 1 meter, untuk yang berbatasan dengan sungai pagarnya lebih tinggi lagi.

Pagar ini melindungi pengunjung taman kota dari kemungkin terjebur sungai dan lalu lintas kendaraan yang ramai.

Di salah satu sudut taman kota surabaya ini sobat bisa turun menuju sungai. Terdapat 2 perahu naga terparkir.

TamanKarimunJawa: Pagar Jemuran

Fungsi lain dari pagar taman karimun jawa adalah; tempat Jemuran

Rupanya jarak yang dekat dengan taman keputran, tidak lantas membuat taman kota karimun jawa kena limpahan perawatan.

Atau karena sobat-sobat tidak berkunjung ke taman karimun jawa, maka taman tidak perlu dirawat. Semoga saya salah.

Yang jelas saya melihat tujuan awal dibangunya taman tidak tercapai. Karena beberapa sobat kita telah memanfaatkan taman untuk tujuan yang jauh berbeda dengan tujuan awal di bangunnya sebuah taman kota aktif. Hal ini bisa terjadi Karena kurangnya perhatian pihak-pihak terkait.
Gimana bapak-bapak  di DKP?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: