Taman Ekspresi

Taman Kesenian

Jalan Genteng Kali, Surabaya

Taman Ekspresi

Taman Ekspresi

Kesan pertama sewaktu berkunjung ke taman surabaya ini adalah interior taman terlihat mewah. Lampu taman beragam bentuk, tempat duduk taman juga beragam bentuk dan warna, segala yang ada di taman ini memberikan kesan “wah” pada taman.

Taman kota ini diresmikan oleh walikota surabaya bu tri rismaharini pada tgl 7 mei 2011, dengan nama Taman Ekspresi.

Sesuai dengan namanya “taman eksprsi”, Di taman kota ini diharapkan sebagai tempat meng- ekspresikan rasa seni, atau taman surabaya ini untuk kegiatan Keseniaan. Untuk mendukung harapan tersebut, dalam taman banyak dibangun plaza berukuran kecil, semacam panggung terbuka. Beberapa plaza bahkan berdiri dipinggir sungai, di sepanjang taman.

Dan anda akan menjumpai banyak tempat duduk bertebaran di dalam taman, dengan beragam warna dan bentuk. Terdapat bentuk kotak, bentuk huruf vocal dan sebagainya. Pengunjung anak kecil bisa belajar mengenal huruf vocal di taman kota ini.

Dikarenakan lokasi taman di bantaran sungai kalimas, lebih tepatnya didepan kantor departemen pendidikan di Jl, genteng kali. Maka sepanjang taman dibangun semacam balkon menghadap sungai . Sehingga kita bisa menikmati sungai kalimas dan aktifitas yang dilakukan di sungai.

Sebagai pembatas antara taman dan sungai dibatasi oleh tanaman perdu. Namun begitu tanaman perdu tadi tidak berbatasan secara langsung dengan bibir sungai, masih ada lahan kosong antara tanaman perdu dengan bibir sungai. Lahan kosong tersebut di isi dengan tanaman rumput diatasnya. Dengan demikian keamanan pengunjung taman cukup terjamin dari kemungkinan terjebur ke sungai.

Lalu apakah fasilitas taman ini hanya ada untuk mendukung konsep ke-senian? jelas tidak!

Anda bisa menemukan pohon (simbol) persahabatan di taman ekspresi. Keberadaan pohon persahabatan tidak hanya di taman persahabatan. Yang membedakan pohon persahabatan di taman persahabatan dan taman ekspresi adalah; kalau di taman ekspresi pohon persahabatanya di tanam oleh walikota-walikota dari Negara asean. Sedangkan di taman persahabatan pohon persahabatan di taman oleh walikota-walikota dari dalam negeri.

Jalur pijat refleksi kaki, sebuah lintasan yang dipenuhi batu-batu kecil, sehingga ketika berjalan kaki diatas lintasan kaki kita seperti dipijat refleksi, tersebar di sudut-sudut taman.

Bagaimana dengan fasilitas-fasilitas lainya? Mari kita bahas satu persatu. Begitu masuk taman prestasi kita dihadapkan 2 pilihan, mau menuju ke mana? Belok Ke kanan atau belok kiri.

Belok Kanan, atau Utara Taman

Begitu masuk ke dalam taman dari arah kanan kita nampak 3 wahana mainan perosotan, atau luncuran dan bangunan toilet. Sedangkan dikiri kita nampak gundukan tanah dan patung instalasi.

Area play ground, terdiri dari luncuran (terliat saat masuk taman) dan ayunan model
bundar, dengan 6 tempat duduk. Area play ground Ayunan baru terliat saat kita melewati bangunan toilet.

Belok Kiri atau selatan Taman

Semakin kita menuju ke utara taman ukuran pohon semakin besar dan suasana taman semakin sepi. Karena lokasi taman di area ini menjauhi jalan raya dan berada dibelakang beberapa bangunan.

Pohon persahabatan lebih banyak berada dibagian taman ini, daripada dibagian taman arah selatan.

Taman kota ini dilengkapi dengan bangunan perpustakaan. didalam gedung perpustakan tersedia pula toilet kering. Ruang baca perpustakaan model lesehan. Sepertinya model ini diperuntukan bagi pengunjung anak-anak. Sesuai dengan perilaku anak-anak yang tidak bisa duduk diam.

Setelah melewati bangunan perpustakan kita menjumpai diorama. Berbentuk beberapa patung berukuran kecil mengambarkan zaman yang perna dialami oleh bangsa Indonesia. Dari zaman prasejarah, zaman kerajaan, zaman masuknya agama islam, zaman penjajahan belanda dan jepang, dan yang terakhir zaman kemerdekan. Digambarkan dengan patung bung karno membaca naskah proklamasi didampingi oleh bung hatta dan kawan-kawan.

Di taman area selatan ini terdapat jalur pijat refleksi yang keren. Lintasanya memutari pohon besar, sehingga udaranya teduh dan segar. Tidak hanya cukup sampai disitu. sebagian lintasan tadi berada di balkon dekat sungai.
Dari lokasi sini kita juga bisa melihat dari kejauhan semburan air mancur taman buah-buhan undaan. Yang air semburanya berubah-ubah.

Baca (tonton) juga Postingan yang masih terkait Taman Ekspresi. 

Atau Lanjut Baca (Tonton) Postingan Menarik Seputar Tempat Menarik Di Sekitar Taman Ekspresi :

Satu Tanggapan to “Taman Ekspresi”

  1. hadi Says:

    tamanx ud sangat cntik, kbersihanx juga tp syang knp kok gk da musholax tentu smakin lengkap berexpresi d sana bila da musholax. mhn d prhatikan!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: