Permainan Sesuai Usia Mendukung Ketrampilan Motorik

Lahan kosong taman Apsari

Lapangan Futsal Taman Apsari

 Selain aspek kognitif, orang tua sebaiknya juga mempertimbangkan aspek perkembangan lain, sepert motorik, diawali dengan gerak motorik kasarnya yang kian terampil, perlahan-lahan si kecil juga mulai belajar mengasah ketrampilan motorik ini, banyak manfaatnya bagi si kecil di masa sekolahnya kelak.

Selain itu, anak usia 2-7 tahun kian mampu mengembangkan ketrampilan bersosialisasi. Psikolog Mildred Parten, dalam buku karya Fergus P. Hughes peneliti dari Universitas Wisconsin, amerika serikat (berjudul) children, play and Development), di sebutkan 50 tahun telah mengamati anak usia 2 sampai 5 tahun, khususnya dalam hal bermain bersama temannya, Parten mendapati adanya perubahan dalam bentuk interaksi antar anak ketika bermain, sesuai perkembangan sosialnya.

Berpatokan pada berbagi ketrampilan yang didapatnya pada fase ini, orangtua dapat memperkenalkan berbagai kegiatan bermain sesuai usia anak.

Ketrampilan si kecil tersebut makin matang karena kemahirannya berbicara dan berkomunikasi yang kian baik.

Demikian pula dengan sosial emosinya yang makin sesuai dengan tuntutan dan harapan lingkungannya.

Didukung perkembangannya ini, anak pun mulai meraih kemandiriannya sehingga hari deni hari kepandaianya semakin meningkat. Anak terlihat semakin gesit beraktivitas dan semakin mandiri. Area dan jenis permainan anak usia pun tidak terpaku di dalam rumah. Mereka mulai aktif bereksplorasi di luar rumah. Itu sebabnya, jenis permainannya pun bertambah kompleks dan beragam.

Halaman 1 2 3 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: